Kamis, 02 April 2009

Tiga Pj. Bupati Ditetapkan


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Setelah cukup lama menjadi bahan pertanyaan, Menteri Dalam Negeri akhirnya menetapkan nama-nama penjabat (pj.) bupati tiga kabupaten pemekaran di Lampung.

Mereka adalah Husodo Hadi (Asisten III Pemprov Lampung) sebagai pj. Bupati Mesuji, Masdulhaq (Kadis Perkebunan Provinsi Lampung) sebagai pj. Bupati Pringsewu, dan Syaifullah Sesunan (Kepala Inspektorat Daerah) sebagai pj. Bupati Tulangbawang Barat.

Ketiganya akan dilantik bersamaan dengan peresmian tiga kabupaten baru hasil pemekaran itu di Gedung Sasana Bhakti Praja Kompleks Kantor Mendagri, Jakarta, Jumat (3-4), sekitar pukul 13.30.

Sumber Lampung Post di Kantor Gubernur Lampung membenarkan bahwa Mendagri Mardiyanto akan melantik tiga penjabat bupati tiga kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Tulangbawang dan Tanggamus. "Tiga pejabat yang ditunjuk itu adalah usulan dari sembilan calon," kata sumber itu, semalam.

Informasi yang diperoleh Lampung Post, seluruh kandidat penjabat bupati di tiga kabupaten pemekaran, sembilan orang, menerima undangan peresmian kabupaten dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri), Rabu (1-4). Namun, dalam undangan tertanggal 31 Maret 2009 itu, mereka diundang sesuai dengan posisi jabatan kini.

Siap Ditugaskan

Saat dikonfirmasi soal kebenaran dirinya dipilih menjadi pj. Bupati Pringsewu, Masdulhaq mengaku memang sudah dipanggil Gubernur dan diberi tahu soal itu. "Saya memang sudah diberi tahu Gubernur soal itu tadi. Tapi, saya tidak tahu siapa untuk Mesuji dan Tulangbawang Barat," kata Masdulhaq yang saat dihubung tadi malam. Dia mengaku sedang di Bogor menengok saudaranya yang sakit.

Husodo Hadi yang dikonfirmasi semalam juga mengaku sudah diberi tahu Gubernur soal penetapannya sebagai pj. Bupati Mesuji. "Iya, saya sudah diberi tahu Gubernur. Sekarang sedang dalam perjalanan ke Jakarta," ujarnya saat dihubungi tadi malam.

Husodo mengaku sudah menjadi aparat pemerintah selama puluhan tahun sehingga selalu siap menjalankan setiap tugas yang diberikan padanya. "Ya sebagai PNS, saya selalu siap ditugaskan di mana saja."

Hal senada juga dikatakan Syaifullah Sesunan. Apalagi, menurut dia, Tulangbawang adalah kampung halamannya sehingga dia sedikit banyak mengetahui kondisi daerah itu. "Di samping saya memang PNS yang siap ditugaskan di mana pun sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, saya juga tahu kondisi Tulangbawang karena ini kampung saya," kata dia.

Syaifullah yang kini masih menjabat kepala Inspektorat Provinsi itu enggan berkomentar tentang kabupaten yang dipimpinnya. "Saya masih harus banyak belajar dari kabupaten induk."

Saat dihubungi kemarin, Kepala Subdirektorat Pejabat Negara Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Sukotjo tetap mengaku belum juga ada nama yang ditunjuk Mendagri. "Belum ada petunjuk."

Bertolak ke Depdagri
Sementara itu, sampai kemarin sore, Panitia Persiapan Pemekaran Tulangbawang Barat belum melakukan persiapan apa-apa terkait rencana peresmian kabupaten itu. "Kami menunggu saja apa perintah dari kabupaten dan provinsi," ujar Untung Budiono, Sekretaris Umum Panitia Pemekaran Kabupaten Tulangbawang Barat. Termasuk, rencana menghadiri pelantikan pejabat bupati.

Hal yang sama terjadi di Kabupaten Mesuji. Ketua Panitia Persiapan Pemekaran Kabupaten Mesuji (P3KM) Ismail Ishak mengatakan sampai kemarin belum ada undangan resmi baik dari Kabupaten Tulangbawang maupun dari Provinsi Lampung. Akan tetapi, pihaknya sudah menyiapkan satu kendaraan untuk berangkat ke Depdagri guna persiapan menyaksikan pelantikan pj. Bupati Mesuji. "Kalau untuk perkantoran sementara, alhamdulilah semua sudah dipersiapkan dari bangunan milik pemerintah maupun rumah warga yang layak," ujarnya.

Hari ini (2-4), sejumlah pejabat Tanggamus dan Uspida dan Panitia Persiapan Pembentukan Kabupaten Pringsewu (P3KP) bertolak ke Jakarta menghadiri pelantikan pj. bupati Pringsewu.

Jadwal tersebut sesuai dengan undangan bernomor 135/1084/SJ tertanggal 31 Maret 2009 yang ditandatangani Sekjen Depdagri Diah Anggraeni tentang Peresmian dan Pelantikan Pj. Bupati Kabupaten Pringsewu.

"Rencananya, Kamis akan dilakukan geladi resik peresmian dan pelantikan pj. bupati," ujar Zaenudin, Kabag Humas dan Infokom Pemkab Tanggamus.

Jajaran dari P3KP bakal berangkat menggunakan 8 mobil dari Pendopo Pringsewu, Kamis (2-4), sekitar pukul 22.00. "Yang akan hadir sejumlah tokoh adat, jajaran P3KP, para camat dari 8 kecamatan, UPT, dan sejumlah perwakilan elemen masyarakat," terang Wanawir, Ketua Umum P3KP.

Tidak ada komentar:

Komentar Anda


Free chat widget @ ShoutMix

Kompas.Com - Nasional

Berita Sumatera Bagian Selatan